Pengaturan Kabel Yang Baik Untuk Rumah

Jika saat ini sedang membangun rumah atau sedang merencanakan untuk membangun rumah sebaiknya perhatikan beberapa saran berikut ini. Selain keindahan dan arsitektur yang bagus pernahkan Anda memikirkan tentang kabel manager di rumah Anda. Mungkin beberapa orang asing dengan istilah kabel manager. Buat yang tidak tahu apa itu kabel manager saya akan menjelaskannya. Kabel manager adalah suatu rangkaian yang membuat kabel-kabel tertata dengan rapi dan tentunya aman untuk jangka waktu yang sangat panjang. Kabel manager ini sendiri akan mempengaruhi posisi stopkontak pada rumah Anda.

Baiklah semoga bisa dipahami, setelah penjelasan tadi saya akan menjelaskan bagai mana kabel manager yang baik untuk rumah Anda.

Jauhkan Pemasangan Kabel dari Talang Air

Hal ini sangat perlu diperhatikan mengingat talang air adalah salah satu titik yang sangat rawan bocor. Sebaiknya jauhkan kabel-kabel dari posisi tersebut.

Gunakan Pipa Paralon

Tujuannya bila diperlukan pengantian kabel, maka mudah melakukannya. Serta hindari sambungan kabel di dalam pipa. Bila ada sambungan usahakan di atas plafon. Gunakan konektor berkualitas dan bungkus dengan solatip listrik sehingga sambungan aman dari air dan serangga (tikus).

Buat Titik Ground

Minta kepada Biro Teknik Listrik (BTL) yang memasang instalasi untuk menyediakan titik ground. Sehingga bila terjadi korsleting atau spanning, kelebihan arus bisa disalurkan ke bumi. Ground biasanya berupa batang besi (ferit) yang ditanam sedalam 3 meter kedalam tanah, kemudian disambung kabel tembaga.

Tentukan Titik Stop Kontak dan Lampu

Tentukan pula titik stop kontak dan titik lampu. Bila daerah tersebut kawasan banjir, hindari memasang stop kontak di dinding bagian bawah. Sebaiknya stop kontak ditaruh di bagian atas. Ini juga untuk menghindari tersengatnya putra-putri kita saat bermain.

Pasang Stabilizer

Bila dirasa perlu, sediakan sambungan dekat meter untuk dipasang stabilizer atau automated voltage regulator (AVR). Agar bila tegangan tak stabil, tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan. Karena seluruh arus yang masuk kedalam rumah sudah melalui AVR terlebih dulu.

Pasang Sebelum Dinding Diplester

Instalasi listrik sebaiknya dipasang sebelum dinding diplester. Jadi begitu dinding bata terbentuk, instalasi listrik bisa langsung dipasang.

Untuk konsultasi tentang renovasi rumah atau properti,
dapat menghubungi kami :

0818-2424-45 atau 0878-3286-1999

email : yanceyenny@gmail