Tips Memilih Bahan Yang Pas Untuk Lantai Rumah Anda

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa lantai pada rumah mereka adalah salah satu unsur penting untuk menambah estetika rumah mereka. Dan yang terlebih penting lagi lantai rumah akan sangat jarang diganti dikarenakan penggantian yang sulit, memakan banyak waktu dan biaya yang tidak murah. Oleh karena itu, memilih jenis lantai yang tepat untuk rumah memerlukan pertimbangan yang sangat matang. Terlebih, teknologi bangunan yang ada saat ini menawarkan begitu banyak ragam material yang dapat digunakan untuk melapisi lantai rumah. Oleh karena itu kami akan memberikan tips untuk memilih bahan yang pas/cocok untuk lantai rumah anda.

Kondisi Daerah

Mengapa hal ini sangat penting? kondisi daerah akan mempengaruhi pilihan bahan lantai yang akan Anda gunakan. Jika Anda tinggal di dataran rendah pastikan apakah tempat itu sering banjir atau tidak. Mungkin Anda berfikir bisa membuat alternatif dengan meninggikan rumah Anda sehingga terhindar dari banjir. namun perlu dipertimbangkan tingkat kelembapan bagian bawahrumah akan meningkat saat banjir melanda, jadi sangat tidak disarankan untuk menggunakan lantai berbahan organik karena dapat berjamur dan menjadi lebih lembab.

Fungsi Ruangan

Tiap ruangan memiliki fungsi masing-masing. Jenis lantai yang digunakan harus disesuaikan dengan masing-masing fungsi ini. Untuk kamar mandi, misalnya, lantai keramik tentu lebih baik daripada lantai kayu. Di antara beragam jenis keramik, keramik dengan permukaannya kasar lebih disarankan. Berat beban yang mungkin ditanggung lantai juga perlu diperhitungkan. Misalnya untuk garasi, lantai harus bisa menahan bobot mobil, sehingga diperlukan material yang lebih kuat, seperti granit. Lantai granit biasanya juga memiliki pori-pori yang kecil sehingga tidak mudah menyerap tumpahan oli dari mobil. Permukaannya pun tidak terlalu licin sehingga tidak menyebabkan ban mobil selip.

Kualitas dan Daya Tahan

Selain penampilan yang menarik, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas dan daya tahan. Berapa lama sebuah karpet bisa bertahan? Bisakah lantai kayu menahan semua beban yang Anda akan tempatkan di dalam rumah? Jika Anda memang ingin menggunakan karpet, Anda juga harus memilih jenis karpet yang mampu bertahan lama dan juga memberikan kenyamanan bagi Anda. Umumnya, rumah modern lebih memilih menggunakan ubin keramik karena memang dapat bertahan dalam jangka waktu yang relatif lama dan juga mudah dibersihkan. Tapi itu semua tergantung pada kebutuhan dan desain yang diinginkan penghuni.

Pemilihan Warna

Warna adalah salah satu unsur penting ketika memilih bahan lantai karena akan menciptakan dampak yang besar bagi seluruh tampilan interior Anda. Bayangkan sebuah rumah dengan warna putih di mana-mana. Kemudian Anda mencoba menempatkan karpet berwarna-warni, pasti akan langsung menambah kehidupan dan keceriaan ke dalam rumah tersebut. Anda juga dapat menggunakan warna terang untuk lantai jika memang dinding dan furnitur serta barang-barang lain di dalamnya sudah penuh warna. Dengan cara ini, ruangan akan tampak terangkat dengan lantai berwarna terang.

Budget

Hal ini sangat penting jangan sampai Anda mengorbankan pekerjaan pembangunan rumah lain demi pembuatan lantai Anda. Pastikan budget Anda mencukupi karena lantai rumah memiliki harga yang cukup fantastis jika Anda benar- benar menuruti keinginan Anda. Untuk itu baik adanya konsultasikan hal ini pada ahlinya.

 

Untuk konsultasi tentang renovasi rumah atau properti,
dapat menghubungi kami :

0818-2424-45 atau 0878-3286-1999

email : yanceyenny@gmail