Tips Menjaga Agar Rumah Tetap Awet, Bersih Dan Rapi

Rumah merupakan tempat tinggal yang biasanya dihuni oleh sebuah keluarga. Di dalam rumahlah keluarga tinggal, berlindung, berinteraksi, dan lain sebagainya. Rumah yang nyaman, aman, bersih, dan awet tentunya menjadi impian banyak keluarga. Ada beberapa hal yang tentu perlu dilakukan agar semua itu terwujud, berikut tips tips agar rumah kita aman, bersih, dan awet:

PERAWATAN DI DALAM RUMAH

Penataan Perabotan yang Baik dan Benar

Tatanan barang atau perabotan di rumah sangatlah berpengaruh terhadap kondisi rumah. Mungkin banyak dari kita menyepelekan tatanan perabotan kita. Padahal tantanan perabotan tersebut mungkin menjadi salah satu pemicu dari rumah kita terkesan sempit dan kumuh, bahkan tatanan yang salah juga dapat menjadi pemicu rusaknya rumah kita. Sebagai contoh jangan letakan lukisan atau vas-vas di ruangan yang lembab atau sempit. Hal ini dapat menyebabkan jamur pada bagian rumah kita.

Memperbaiki Lantai Keramik

Kadangkala karena cara pemasangan yang tak sempurna lantai keramik mudah pecah atau terlepas sehingga butuh perbaikan. Caranya adalah kemarik yang retak atau terlepas dilepas sekalian. Kemudian nat dikorek-korek dengan benda tajam tujuannya agar memberikan jarak pada pemasangan keramik baru. Selanjutnya pasangkan keramik baru dengan membuat dasar pemasangannya dengan baik.

Mengecat Dinding

Agar dinding awet cara yang dilakukan adalah dengan memberi lapisan cat yang tak mudah terkelupas. Caranya dengan membatasi penggunaan plamur. Selain itu lakukan pengecatan dengan cat berkualitas pada saat dinding kering. Bila cat dinding mengelupas karena kondisinya sudah lama, maka pengecatan ulang bisa dilakukan 6 bulan sekali.

Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

Mencakup lantai, dinding, bak mandi, pembuangan, dan kloset (jika menyatu dengan toilet). Bagian-bagian tersebut mudah sekali kotor dan berkerak sehingga perawatan dan kebersihannya harus rutin dilakukan. Cara yang bisa dilakukan dengan membersihkan kerak dengan sikat, setelah itu gunakan asam sitrat/citroenzuur (diamkan selama 1 jam), dan sikat hingga bersih.

Mengatasi Jamur dalam Rumah

Jamur adalah masalah yang membuat rumah tidak nyaman dihuni dan bisa membuatnya tak tahan lama. Cara membersihkan jamur di rumah bisa dilakukan dengan fungsida, cuka atau cairan disinfektan menggunakan kain lap. Bagian plafon yang rusak atau bocor bisa segera diganti dengan plafon yang baru atau setidaknya diperbaiki agar lebih enak dilihat.

Menjaga Kusen Pintu dan Jendela

Supaya aman dari gangguan rayap gunakan obat anti jamur agar rayap tak menghinggapi dan bersarang – sebaiknya guanakan bahan aluminium untuk meminimalkan perawatan.

PERAWATAN DI LUAR RUMAH

Perawatan eksterior rumah juga penting dilakukan. Terlebih bagian luar rumah sering dilihat orang lain karena posisinya yang paling nampak. Merawat bagian eksterior rumah bisa dilakukan dengan menjaga dan memelihara bagian atap, dinding luar rumah, selasar/teras, dan bagian luar lainnya. kita bisa memperbaiki atap yang rusak akibatkebocoran, mengecat dinding rumah, memperbaiki teras, memperbaiki pagar atau mengecatnya, dan bagian luar rumah lainnya. Bagian dalam dan luar rumah yang terawat dan terjaga dengan baik menunjukkan bahwa pemilik rumah benar-benar orang yang memiliki kepedulian akan kenyamanan tempat tinggalnya.

 

Untuk konsultasi tentang renovasi rumah atau properti,
dapat menghubungi kami :

0818-2424-45 atau 0878-3286-1999

email : yanceyenny@gmail